Sabtu, 01 Oktober 2011

seting modem dial-up

Internet mungkin dah akrab sekali dengan kita,baik dengan wireless,modem,LAN. Nah kali ini gue akan membahas Setting koneksi internet dengan modem telepon rumah..
koneksi internet dengan telepon rumah mungkin tidak semurah dengan telepon rumah yang sudah berlangganan speedy
tapi gak da salahnya jika kita tau cara settingnya karena tidak begitu berbeda antara setting rumah biasa dan telpon rumah yang berlangganan speedy
jenis setting internet telepon rumah dengan modem ada 2 yaitu
internet dengan dial-up modem internal
inernet dengan modem external (ADSL)

kali ini yang modem dial-up dl ntar yang ADSL disambung ke artikel berikutnya
langsung aja ke materi :
  1. Pastikan modem sudah terpasang dan terinstall caranya buka control panel > phone and modem options > pilih tab modems jika modem sudah terinstall maka akan muncul nama modemnya klo gak da install lagi aja
  2. Buat koneksi internet baru  untuk dial up caranya masuk ke control panel > new connections > create a new connection > muncul new connection wizard > next
  3. Setelah itu ikuti seperti gambar dibawah ini
pilih connect to the internet 
 pilih set up my connection manually

pilih connect using a dial-up modem
Untuk ISP name isi : telkomnet@instant 
Masukan di phone number : 080989999
pada internet account  username : telkomnet@instant , password : telkom
  




  • jika sudah selesai settingnya tinggal klik dial aj ntar proses dialup akan berjalan jika berhasil maka akan tampil pop up "network is connected"

  • klo dah gitu check aja koneksi internetnya buka mozilla atau IE kemudian browsing dweh tapi kecepatan untuk telepon rumah memang tidak begitu cepat dibanding dengan telepon rumah dengan speedy n biaya juga lumayan mahal jadi gunakanlah secara bijaksana


1.3 setting koneksi ke ISP


Setting dial up diperlukan untuk menentukan nomor telepon ISP yang akan di-dial oleh modem anda. Setiap kali akan menggunakan internet, anda harus melakukan hubungan dial up untuk membangun koneksi dengan ISP anda.
1. Klik dua kali icon My Computer untuk memunculkan window My Computer.
2. Klik dua kali icon Dial Up Networking. Setelah muncul window Dial up Networking, klik dua kali icon Make New Connection. Pada window Make New Connection, masukkan nama SijiwaeNet pada kolom pertama untuk nama komputer yang akan di-dial dan pilih jenis modem yang telah diinstalasi. TekanNext.
SijiwaeNet menggunakan nomor akses khusus yang tidak memerlukan kode area, karena itu kosongkan pada kolom area code. Ketik nomor telepon aksesSijiwaeNet pada kolom nomor telepon, yaitu 0 809 8 9999, klik Next.
3. Setting koneksi selesai, klik Finish. Pada tahap ini anda telah berhasil melakukan setting dial up yang ditandai dengan keluarnya icon SijiwaeNet pada window Dial Up Networking.
Setelah selesai tahap ini, anda dapat melakukan setting DNS.

Setting Koneksi Internet Dial Up dengan Modem Ponsel


Koneksi internet secara dial up sepertinya baru kita dengar ketika Telkommengeluarkan produk telkomnet instant-nya dengan nomor dial up 080989999. Cukup dengan memiliki modem yang terhubung dengan PC dan line telepon, kita dengan mudah tinggal plug n pray(tancapkan dan berdo’alah, semoga koneksi bisa langsung nyambung) :D . Wah mana bisa?! Setelah ditancapkan, kita harus membuat koneksi dial up. Cara yang mudah dan biasa saya gunakan adalah lewat : Start Menu \ Program \ Accessories \ Communication \ New Connection Wizard (Asumsi dengan Windows XP OS). Selanjutnya tekan tombol “Next“, Pilih “Connect to the Internet” kemudian “Next“, Pilih “Set up my connection manually” kemudian Next, Pilih “Connect using a dial-up modem” kemudian “Next“, Masukkan ISP Name (misalkan telkomnet), kemudian Masukkan Phone Number (Disini Anda mengisikan no dial up tadi, misal = 080989999), kemudian isikan username dan password sesuai petunjuk ISP.
Nah, cara di atas adalah cara umum yang dilakukan bila koneksi dilakukan dengan modem internal maupun external untuk fixed line. Namun dewasa ini banyak kita temui ponsel – ponsel yang bisa digunakan pula sebagai modem. Tentunya ini juga berkaitan erat dengan kemampuan ponsel untuk browsing internet yang pastinya harus ada modem. Dengan modem ponsel, berarti koneksi internet dilakukan dengan teknologi wireless broadband. ISP dalam hal ini adalah operator seluler dari SIM atau RUIM card yang kita gunakan dalam ponsel. Nah, ada banyak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan PC dengan modem ponsel. Seringkali teman – teman saya kebingungan cara menghubungkannya dengan mudah, ada pula yang bersusah payah dengan instalasi PC Suite yang rasanya tidak perlu. Sebenernya bagaimana sih cara mudahnya, mari kita kupas bersama.
Continue Anyway
Continue Anyway
Yang Anda butuhkan sebenarnya cuma kabel data dan driver modemnya. Siapkan kabel data kemudian tancapkan pada PC dan Ponsel. Ketika terhubung biasanya PC akan meminta driver-driver yang dibutuhkan, contohnya driver modem dan data modem. Kemudian masukkan CD drivernya ke dalam CD ROM dan biarkan PC mencari driver modemnya secara otomatis. Ketika ditemukan biasanya ada peringatan, pilih saja “continue anyway“, maka proses instalasi driver akan dilakukan. Ikuti saja petunjuknya hingga semua driver terpasang di dalam PC. Nah, setelah proses selesai ini berarti PC dan Ponsel sudah terhubung.
Modem HSDPA Telkomsel Flash
Modem HSDPA Telkomsel Flash
Pada Ponsel, buatlah “data account” untuk koneksi, misalkan untuk produk Telkomsel Flash. Buatlah data account dengan nama “Flash” dengan APN = “internet“. Sedangkan username dan password silahkan Anda kosongi saja. Kemudian Anda simpan. Setelah disimpan, Anda mungkin menemukan satu data account atau beberapa data account di ponsel Anda. Misalkan pada ponsel saya ada 5 data account dengan urutan : AXIS, AXISMMS, Flash, indosatmms, indosatgprs. Kelimanya memiliki nomor “EID” (external ID) sesuai urutannya. Nomor ini bisa Anda lihat dengan membuka properties data account atau menghitungnya dari daftar yang ada. Sehingga bisa kita ketahui bahwa untuk data account “Flash” adalah nomor 3. Ingat – ingatlah nomor ini.
Berikutnya, pada PC yang telah terhubung dengan Ponsel tadi, buatlah koneksi dial up seperti di awal tulisan dengan mengubah nomor dial up seperti ini “*99***3#“. Mungkin ada yang bertanya, nomornya harus begitu yah?? Saya sendiri tidak tahu darimana asalnya, tetapi setelah saya coba – coba, ternyata bisa digunakan pada banyak ponsel, misalnya Sony Ericsson dan Nokia. Yang sifatnya dinamis dari nomor itu adalah angka “3“. Angka ini bisa diisi dengan nomor EID data account yang mengubungkan kita ke internet. Jadi kalau nomor EIDnya 1 berarti “*99***1#“, kalau EID-nya 7 berarti “*99***7#“.
Nah, mudah sekali bukan. jadi Anda tidak perlu sampe melakukan instalasi PC Suite yang dirasa terlalu banyak dan jarang digunakan bila hanya ingin bisa koneksi ke internet.
1.4  Koneksi Internet melalui Handphone
Hape sebagai modem untuk melakukan koneksi internet merupakan cara paling sederhana yang layak dilakukan bagi generasi yang serba kebelet, misalnya sekedar untuk ber YM ria lewat pc, atau membuka email dari rekan bukan kebelet merayu cewek lho?. Tapi bagi professional surfer saya kira kurang puas, kecuali bisa melakukan tweak juga pendongrak koneksi internet.
Berikut settingan beberapa profider mulai gsm dan cdma, kalo ada yang kurang silahkan di tambahi.
Persiapan:
A.Peralatan yang di perlukan:
  1. Sebuah HP yang support GPRS, dan sudah bisa koneksi dengan GPRS.
  2. Kartu telepon / sim card.
  3. Personal computer boleh juga laptop.
  4. Perangkat koneksi, dari HP ke PC. Boleh pakai kabel data, Bluetooth, atau IrDA (Infrared Data Adapter). Berikut dengan drivernya yang sudah diinstall. Pokoknya sudah bisa kirim-kiriman antara PC dan HP.
  5. Tancapkan hanphone yang sudah aktif gprsnya (pastikan kondisi on) dengan kabel data ke usb komputer anda. Bila file driver telah ada di komputer maka secara otomatis akan mendeteksi dengan sendiri. bila tidak lakukan penginstalan driver secara manual.
B.Setting Modem
Start >> control panel >> Phone and Modem Options>> akan muncul daftar modem yang udah terdeteksi oleh komputer beserta portnya bisa com2, com7 dst. Bila sudah ada berarti terdeteksi bila belum bisa di pastikan salah satu setingan belum lengkap, periksa kabel data dan hidupkan hanphone anda.
Untuk memastikan koneksi antara pc dengan hanphone secara manual, silahkan sorot nama modem anda lalu pilih properties, di tab general akan tertera nama modem hape anda, lalau pilih diagnostics lalu query modem, bila tertera success berarti komunikasi oke.
Silahkan lihat bagian tab advanced, lalu di bagian extra setting masukkan kode dibawah ini: – lalu ok.
Kode extra setting
AT+CGDCONT=1,”IP”, “Acsess poin name operator”
Sebagai catatan: Acsess poin name merupakan variable yang senantiasa bisa berubah, kita sesuaikan dengan kartu hanphone yang kita pakai.
Contoh: anda memakai kartu im3 sebagai kartu hanphone yang anda gunakan sebagai modem handphone, maka settingannya kan jadi sebagai berikut:
AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-im3.net”
Berikut settingan kode untuk masing masing operator:
AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.indosat-im3.net” untuk im3
AT+CGDCONT=1,”IP”,”satelindogprs.com” untuk matrix dan mentari
AT+CGDCONT=1,”IP”,”internet” untuk telkomsel
AT+CGDCONT=1,”IP”,”xlgprs.net” untuk xl
C.Melakukan koneksi / membuat dial up:
  1. Buka Control Panel lagi,
  2. Pilih Network Connections,
  3. New Connection Wizard.
  4. Ikuti langkah-langkahnya dengan menekan Next…
  5. Untuk Connection Type, pilih Connect to the Internet
  6. Getting Ready, pilih Set up my connection manually
  7. Internet Connection, pilih Connect using a dial-up modem
  8. Pada connection name / isp name isikan nama terserah anda misal konekyuk (sebagai nama koneksi anda)
  9. Pada Phone number to dial, isikan *99***1# (lihat daftar di bawah untuk cdma berbeda)
  10. Pada dialog pengisian username dan password, sesuaikan dengan setting kartu anda. Jika menggunakan IM3, usernamenya gprs dan passwordnya im3 (lihat daftar di bawah. silahkan di sesuaikan sendiri.
Daftar username dan password serta dial number gsm dan cdma:
Telkomsel
username: wap
password: wap123
dial number : *99***1#
Mentari
username: indosat
password: indosat
dial number : *99***1#
Matrix
username: silahkan di kosongi
password: silahkan dikosongi
dial number : *99***1#
Xl
username: xlgprs
password: proxl
dial number : *99***1#
Im3 ( yang berdasarkan kb )
username: gprs
password: im3
dial number : *99***1#

Im3 ( yang berdasarkan waktu/ time base )

username: indosat@durasi
password: indosat@durasi
dial number : *99***1#
Fren
username: m8
password: m8
dial number : #777
Telkom Flexy
username: telkomnet@flexy
password: telkom
dial number : #777
Starone
username: starone
password: indosat
dial number : #777
Catatan : angka 1 di dalam setingan dial number silahkan disesuaikan dengan banyaknya koneksi internet yang ada di komputer anda. contoh anda memiliki 2 macam koneksi internet dari pc anda maka dial number bisa diisi: *99***2# dst.
Untuk kartu IM3, fasilitas GPRS-nya otomatis aktif saat kartunya diaktifkan. Untuk Simpati dan lain-lain masih perlu register dulu, dan untuk nomor lain bisa menghubungi customer service untuk informasi aktivitas GPRS. Saya buat tutorialnya setting gprs ini.
Selamat berinternet dengan aman jangan lupa pakek kondom antivirus, Senantiasa hemat pengeluaran anda dan dapatkan hasil yang maksimal, he..he. Semoga tutorial ini bermanfaat. Didukung juga oleh www.downloadvideo3gp.com,

1.5  Cara Akses Internet dan Localhost
Sebelum kita membahas bagaimana cara akses Internet, akan kita bahas terlebih dahulu tentang perbedaan Internet dan Localhost. Internet, yaitu jaringan global yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang ada di dunia dengan kelas IP yang berbeda-beda. Sedangkan Localhost adalah server jaringan local yang dapat diakses oleh komputer pada jaringan local tertentu dengan kelas IP yang sama.
Untuk mengakses Internet dan Localhost dilakukan dengan menggunakan bahasa protokol yang sama, yaitu HyperText Transfer Ptotocol (HTTP). Web host Internet disimpan pada komputer yang dapat diakses oleh seluruh komputer yang terhubung jaringan Internet. Pada web host internet, kita dapat meletakan informai-informasi, data-data, file-file sehingga dapat diakses oleh siapa saja dengan cara tertentu. Sebelum menyimpan informasi pada web host internet, kita diharuskan memiliki nama domain, yaitu Top Level Domain (TLD). Untuk pelayanan TLD ini dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) di http:/www.pandi.or.id . Sedangkan pada Localhost, kita dapat membuat domain virtual sendiri dengan alamat IP default 127.0.0.1 dan domain default localhost.
Akses Internet dan Localhost
Cara untuk mengakses Internet dan Localhost adalah sama. Protokol komunikasi yang digunakan adalah protokol TCP/IP. Web browser yang digunakan di antaranya Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer, atau yang lain. Berikut langkah mengakses Internet dan localhost.
• Klik menu start
• Pilih Mozilla Firefox ( web browser yang anda gunakan )
• Ketik alamat internet dengan nama domain atau ketik alamat localhost dengan mengetik IP address localhost (127.0.0.1)


Soall
1.sebutkan jenis setting telepon rumah dengan modem ?
jawab :internet dengan dial-up modem internal
inernet dengan modem external (ADSL)

2.pop up  sama dikatakabn ?
jawab :network is connected"3.sebutkan langkah terakhir modem dial-up dl ntar yang ADSL disambung ke artikel:?
jawab :klo dah gitu check aja koneksi internetnya buka mozilla atau IE kemudian browsing dweh tapi kecepatan untuk telepon rumah memang tidak begitu cepat dibanding dengan telepon rumah dengan speedy n biaya juga lumayan mahal jadi gunakanlah secara bijaksana
4.sebutkan langkah pertama modem dial-up dl ntar yang ADSL disambung ke artikel:?.
jawab: Pastikan modem sudah terpasang dan terinstall caranya buka control panel > phone and modem options > pilih tab modems jika modem sudah terinstall maka akan muncul nama modemnya klo gak da install lagi aja
5.cara untuk buat koneksi internet ?
jawab : Buat koneksi internet baru  untuk dial up caranya masuk ke control panel > new connections > create a new connection > muncul new connection wizard > nex

Tidak ada komentar:

Posting Komentar